Pertumbuhan bisnis handphone (telepon genggam) semakin pesat yang membutuhkan penggunaan pulsa, karena kebutuhan masyarakat akan telekomunikasi sangat tinggi, pada saat yang sama rutinitas masyarakat semakin bertambah. Tingginya permintaan akan telepon genggam semakin menambah sengitnya persaingan pulsa online antar sesama produsen untuk menguasai pasar telekomunikasi. Persaingan tersebut menimbulkan banyaknya pilihan yang tersedia bagi konsumen dalam memenuhi kebutuhan komunikasinya.
Di Indonesia dewasa ini maraknya penggunaan pulsa online seluler baik GSM (Global Selular Mobile) maupun CDMA (Code Division Multi Access) seperti kartuHALO, Simpati, As, Matrix, Mentari, IM3, Xplor, XL Bebas, Fren, Esia, Jagoan, Flexi dan lain sebagainya.
Fokus pemasaran tekomunikasi dan jual pulsa dewasa ini terletak pada konsumen. Konsumen adalah orang yang menentukan berhasil tidaknya suatu produk atau jasa yang dipasarkan. Pemahaman perusahaan atau produsen terhadap perilaku konsumen dalam pembelian suatu produk Telkomsel merupakan titik awal keberhasilan sebuah produk atau jasa dalam sebuah pasar telekomunikasi.
Terbukanya kegiatan ekonomi secara global, mengakibatkan banyaknya produk pulsa murah yang bersaing dalam jalur bisnis yang sama. Hal ini juga memungkinkan terjadinya persaingan dalam bisnis telekomunikasi dalam upaya memperluas pangsa pasar, atau mempertahankan pasar yang ada.